Rabu, Oktober 8

18 Cara Meningkatkan Traffic (Jumlah Pengunjung) Bagian I I

Hai, tulisan mengenai 18 cara bagaimana meningkatkan traffic ini adalah bagian kedua dari dua tulisan. Bagian pertamanya dapat Anda baca di artikel yang berjudul 18 Cara Meningkatkan Traffic (Jumlah Pengunjung) Bagian I

Baik mari kita lanjut...

  • Tambahkan RSS feed pada Blog Anda
Dari waktu ke waktu jumlah pelanggan RSS terus bertambah. RSS adalah cara untuk membaca suatu blog tanpa harus mengunjungi blog tersebut. Ini bukan jaminan pelanggan yang membaca melalui RSS akan mengunjungi blog Anda (dan kemudian melihat iklan Anda).

Tapi ini bisa di'akali' dengan cara mengundang mereka untuk berkomentar di blog Anda (jadi selalu sisipkan link ke blog Anda di dokumen RSS yang dilanggan oleh pembaca Anda) :-)



  • Daftarkan Blog Anda pada Portal
Jika Anda orang ingin mengetahui tentang blog Anda maka Anda dapat mendaftarkan blog Anda pada beberapa portal. Ada banyak website (portal) yang mendaftar blog. Ada portal yang mendaftar blog yang mempunyai niche tertentu, misalnya Eaton Web (portal.eatonweb.com), atau Globe of Blogs (www.globeofblogs.com).

Ada pula portal yang mendaftar blog dengan cara yang berbeda, misalnya BlogShares (www.blogshares.com) dan Blog Street (www.blogstreet.com/bin/add.cgi).

Tapi bagaimanapun jenis portal tersebut yang pasti semuanya dapat meningkatkan jumlah traffic. Jadi saya sarankan Anda untuk mendaftarkan blog Anda di portal-portal tersebut.:-)
  • Blog Search Engines and Indexes
Selain portal di atas, beberapa situs memiliki fitur yang memungkinkan pengunjung untuk mencari blog sesuai dengan topik dan keyword tertentu. Daftarlah blog Anda di sana. Misalnya (yang biasa saya lakukan) di Technorati (www.technorati.com).
  • Membuat Newsletter
Tawarkan pada pembaca Anda untuk berlangganan layanan newsletter agar mereka tetap up to date dengan posting-posting di blog Anda. Jika Anda merasa terlalu ribet untuk mengurus sendiri, maka ada banyak situs yang bersedia 'mengurus' newsletter ini untuk Anda, Anda hanya perlu mendaftar saja (misalnya di www.livingroom.org.au).

Bayangkan, jika ada seratusan orang yang mendaftar berarti ada seratusan orang yang mengizinkan Anda untuk mengundang mereka mengunjungi blog Anda!
  • Terlibat dalam Blog Projects
Dari waktu ke waktu mungkin akan ada blogger lain yang akan mengajak Anda untuk terlibat dalam proyek pembuatan suatu blog, misalnya blog tentang bencana alam atau blog untuk keperluan sosial lainnya. Anda jangan ragu untuk berpartisipasi. Dukunglah, Anda akan memperoleh manfaat dari sana (paling tidak 'jaringan' Anda akan semakin luas).

Sementara itu Anda dapat juga membuat proyek blog lainnya. Jangan lupa untuk mengajak blogger lain untuk terlibat. :-)
  • Terlibat dalam Web Forums
Berpartisipasilah dalam web forums dan terlibat dalam diskusi pada blog-blog yang ada kaitannya dengan topik blog Anda. Hal ini akan memberi kesempatan pada Anda untuk membangun kredibilitas blog Anda.
  • Beritahukan Posting Terbaru Anda
Kalau ada posting terbaru di blog Anda yang mungkin menarik, jangan segan untuk memberitahukan kepada 4-5 blogger lainnya (baik yang Anda kenal secara personal maupun tidak).

Kirim email ke mereka. Beritahukan dengan sopan mungkin mereka tertarik dengan posting tersebut. Mungkin saja mereka tertarik dan akan membuat link ke posting tersebut dari blognya. (Asal perlu diingat, jangan membombardir orang yang sama terus-menerus dengan email seperti ini :-).

Contoh isi email untuk memberitahukan :
Hi,

Ini adalah posting yang mungkin menarik dibaca oleh pembaca blog Anda, linknya: www.namadomain.com/nama-posting

Salam hangat,

(nama Anda/blogger)

Bukan apa-apa. Beberapa orang blogger kerap membuat posting "link yang saya sukai" paling tidak sekali seminggu. Jadi bukan tak mungkin posting yang Anda informasikan akan masuk ke dalam daftar mereka.
  • Tambahkan option 'Email a Friend' pada Posting Anda
Beri kemudahan bagi pembaca Anda untuk memberitahu kepada temannya tentang suatu posting di blog Anda. Tambahkan pilihan 'Email a Friend' tersebut pada posting Anda.

Ini akan membawa pembaca baru ke blog Anda, yang berasal dari tempat yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya!:-)
  • Promosi secara 'offline'
Mungkin perlu juga mempertimbangkan untuk melakukan promosi blog Anda secara offline. Misalnya melalui iklan baris di koran, melalui SMS, atau bahkan hanya pemberitahuan mulut ke mulut :-).

Yang penting intinya memberitahukan sebanyak mungkin orang lain yang mungkin akan mengunjungi blog Anda.:-)

Itulah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan jumlah traffic blog Anda.

Cara mana yang paling berhasil? Yang mana yang tidak? Tes dan Evaluasilah!

Anda yang akan mengerti yang mana yang paling sesuai untuk blog Anda...semuanya demi kemajuan dan peningkatan jumlah traffic blog Anda! :-)

Tentu saja, meningkatnya jumlah traffic tidak serta merta meningkatkan jumlah penghasilan Adsense Anda, utamanya bagi Anda yang pemula yang mencari uang online dengan blog. Tapi paling tidak ini adalah salah satu strategi yang dapat membantu!

Selamat mencoba dan bekerja...:-)
by aiy yusuf

0 komentar:

Posting Komentar

Free Web Hosting with Website Builder Bisnis di Internet