Rabu, Oktober 8

18 Cara Meningkatkan Traffic (Jumlah Pengunjung) Bagian I

Faktor pertama kita adalah TRAFFIC atau jumlah pengunjung. Meningkatkan traffic adalah salah satu faktor penting dalam meningkatkan pendapatan Adsense. Meningkatkan traffic pada blog memang tidak sesederhana kedengarannya. Perlu waktu, kesabaran, dan kerja keras (dan kadang-kadang sedikit keberuntungan:-).
Ada 18 cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan traffic. Pada bagian pertama serial tulisan ini, saya akan memberikan sembilan cara. Sembilan cara lainnya dapat Anda baca di bagian kedua tulisan ini yang berjudul 18 Cara Meningkatkan Traffic (Jumlah Pengunjung) Bagian II :-)
Ini dia caranya...


• Content yang Berkualitas, Menarik, Bermanfaat, dan Orisinil

Coba tanyakan pada diri Anda: Blog yang bagaimana yang biasanya Anda kunjungi? Coba ingat-ingat lagi, blog yang Anda 'senangi' (dan karenanya sering Anda kunjungi) pastilah yang isinya memenuhi kriteria yang disebutkan tadi. Dan sebaliknya, blog yang memiliki kriteria seperti ini pastilah akan sering mendapat kunjungan :-)
Isi yang berkualitas, menarik, bermanfaat, dan orisinil adalah faktor yang esensial dalam meningkatkan jumlah pembaca (traffic).

• Disain Blog yang Bagus

Adalah hal yang sangat penting jika Anda ingin menciptakan kesan pertama yang baik. Dengan jumlah jutaan blog di luar sana, Anda pasti perlu sesuatu hal yang bisa membuat blog Anda menarik. Salah satunya ya melalui disain yang bagus tadi.
Pelajarilah cara membuat disain yang bagus. Informasinya banyak bertebaran di internet :-)

• Link ke Blog Lain

Buatlah link dari blog Anda ke blog lain, baik blog yang sudah 'besar' (terkenal) maupun yang masih 'kecil', dan lihatlah feedbacknya!
Anda akan 'terkejut' bagaimana blog-blog dari luar akan membuat link juga ke blog Anda. Selain akan membawa traffic, hal ini tidak akan merugikan peringkat blog Anda di Google.

• Komentar pada Blog Lain

Coba lakukan hal berikut ini: sesekali jalan-jalanlah mengunjungi blog lain (blog-walking), tinggalkan komentar atas beberapa posting yang Anda baca di sana (berinteraksi dengan mereka).
Dan...lihatlah bagaimana mereka akan mengunjungi blog Anda dan melakukan hal yang sama! (yang terpenting link blog Anda sudah terpasang di blog mereka dan besar kemungkinan akan dilihat oleh pengunjung blognya):-)

• Update secara Teratur

Tidak ada yang lebih bisa membuat blog 'mati' selain daripada jarang (atau bahkan sama sekali tidak pernah) di-update. Paling kurang sekali atau dua kali sebulan update-lah blog Anda dengan content yang menarik! Semakin sering Anda update, maka blog Anda akan semakin 'hidup.

• Berinteraksi dengan Pembaca

Berinteraksilah dengan pembaca yang meninggalkan komentar terhadap posting di blog Anda. Ini akan membuat pembaca Anda akan merasa 'diperhatikan secara khusus' sehingga akan balik dan balik lagi mengunjungi blog Anda.

• Manfaatkan Search Engine

Tidak perlu dijelaskan lagi bagaimana pentingnya search engine dalam meningkatkan jumlah traffic, khususnya traffic yang akan meng-klik iklan Anda (artikel tentang search engine ini banyak saya tulis dalam blog saya di bawah).
Umumnya lebih dari 90% traffic mengunjungi search engine untuk mencari apa yang ingin diketahuinya. Jadi Anda harus terus berusaha untuk terdaftar dan mendapatkan ranking yang tinggi dalam search engine.

• Tambahkan Signature pada Outgoing Email Anda

Signatures pada bagian bawah email dapat digunakan untuk mempromosikan blog Anda pada orang lain. Tapi hati-hati, sebab tidak semua orang suka untuk dikirimi promosi seperti ini :-)

• Web Rings

Secara pribadi, terus terang saya sendiri belum melakukan ini. Tapi beberapa rekan blogger mengaku cara ini cukup efektif untuk mempromosikan blog mereka.

to be continue..(by aiy yusuf)

2 komentar:

bos tukeran link nya donk. titip link nya ya :http://itdot-tutorial.blogspot.com

Info yang bagus. Mau nambahin pengalaman za. Saya pernah beli paket 100.000 visitor internasional. Lumayan dalam 1 hari dapat 10.000 visitor. Buat tmn2 yang berminat ini situsnya http://www.widtama.com/traffic_website.html

Posting Komentar

Free Web Hosting with Website Builder Bisnis di Internet